1.   PILIH TANAMAN SESUAI SYARAT HIDUP

Jadi kalau taman anda berada di dataran rendah, pilih tanaman yang berasal dari dataran rendah. Aglaonema, Pilodendron, alokasia, palem, anggrek dendrobium merupakan beberapa contoh yang hidup di dataran rendah. Sementara krisan, rhododendron, dan anggrek phalaenopsis tumbuh subur di dataran tinggi. Perhatikan intensitas dan lama matahari menyinari taman anda. Soalnya akan sangat berpengaruh pada pemilihan tanaman. Suplir, anthurium, dieffenbachia merupakan tanaman yang membutuhkan intensitas cahaya yang kecil atau suka naungan. Sementara portulaka, lantana, dan iris butuh sinar matahari penuh.

 2.   PERKAYA MEDIA PAKAI KOMPOS

Setelah memilih tanaman sesuai syarat hidup, sebelum ditanam, perkaya tanah dengan kompos. Media ini kaya dengan mineral yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan tanaman. Kompos juga membuat tanah menjadi gembur dan tanah bersifat porus. Sehingga akar tidak busuk dan gampang menyerap zat makanan.

3.   LAKUKAN PERAWATAN RUTIN

        Setelah tanaman tumbuh, lakukan perawatan rutin. Semisal dengan melakukan penyiraman teratur. Pada musim kemarau penyiraman sebaiknya dilakukan 2 kali sehari. Tapi saat pergantian musim seperti sekarang ini cukup sekali sehari. Selain penyiraman, anda bisa membuang daun atau ranting yang kering atau busuk. Jangan lupa sesekali lakukan penggemburan tanah dengan pendangiran

4.   BERI PUPUK TERATUR

Agar tumbuh optimal pemupukan juga perlu dilakukan. Utuk amannya gunakan pupuk seimbang NPK dengan perbandingan 20:20:20. dosisnya bisa anda baca di kemasan. Sementara pemupukan untuk tanaman yanga da di pot sebaiknya dilakukan 2 kali/seminggu. Ini karena jumlah media dan mineral yang ada dalam pot relatif terbatas dibandingkan dengan tumbuhan yang di tanah. Tapi bila anda memakai pupuk berjenis slow realese cukup memberinya 3 bulan sekali. Dosisnya untuk 15 inci cukup ½ sendok teh.

 5.   KENDALIKAN HAMA DAN PENYAKIT

Seperti halnya manusia tanaman juga sering terkena hama dan penyakit. Ulat dan kutu sering menyerang daun muda. Kalau masih terbilang sedikit, bisa dihilangkan manual dengan memunguti satu per satu, namun kalau jumlahnya banyak dan anda termasuk orang yang geli dengan ulat, berantas dengan inteksida.

 

Sumber : Majalah Idea Garden November 2007

 

Iklan

About icanhear

complicated

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s