Sekarang ini novel yang banyak dicari orang selain Ketika Cinta Bertasbih yaitu Laskar Pelangi. Laskar pelangi merupakan tetralogi yang mengisahkan Seorang anak dari pedalaman Belitong yang mempunyai cita-cita dan mimpi-mimpi membuat para pembacanya terinspirasi. Bagaimana tidak? seorang anak pergi ke sekolah harus melewati 30 km dan melewati sungai yang banyak buaya.

Andrea Hirata, menuliskan semuanya dengan apik dan tipe tulisan yang saintifik.

Yang paling berkesan bagi saya yaitu ketika si Ikal dan Arai pergi meninggalkan kampung halamannya demi mengejar cita-cita dan mereka terdampar di kota Bogor. Dan mereka bisa berjuang untuk bisa kuliah bahkan dengan predikat Cum Laude. Subhanallah,bahkan mereka bisa kuliah di luar negeri yaitu di Osborn, kota impian mereka………

Novel ini patut diberi acungan jempol karena memiliki pesan moral yang luar biasa. Dan memberikan gambaran pendidikan di Indonesia. Dan tentunya sangat bagus jika bisa diangkat ke layar lebar. salut dech buat Andrea Hirata.

Iklan

About icanhear

complicated

91 responses »

  1. robin berkata:

    kira2 kapan seri ke empat dr tetralogy Laskar Pelangi “Maryamah Karpov” diluncurkan…?

  2. upmfindonesiemmui berkata:

    Mungkin yang dimaksud: di Sorbonne di kota Paris, yakni: Universite de Paris, Sorbonne.

  3. maya cantik berkata:

    saya termasuk gila baca, sampe sering diprotes ma ortu saya karena sering lupa makan dan gak pernah keluar kamar. tapi 3 buku nya mas andre hirata ini benar2 bikin saya gila setiap kali saya baca (karena udah berapa kali diulang) saya pasti sering nangis sambil ketawa terpingkal-pingkal sampai keponakan saya yang masih TK kabur dari kamar saya karena takut (mungkin dikiranya saya gila… hehehhe. mas andrea keren banget!saya jatuh cinta dg karya2 nya mas andre (klo mo jatuh cinta apa mas andreanya ntar ditimpukin ma istrinya ma andre heheh….). selamat ya mas…. teruslah berkarya doa kami semua penggemarmu akan terus menyertaimu. wassalam.

  4. maya cantik berkata:

    upss.. sorry… ke posting 2 kali deh … maap ya …

  5. icanhear berkata:

    GA papa

  6. mimin berkata:

    Membaca novel andrea hirata…..menjadikan aku ingat, tidak ada apapa yang bisa membuat kita bangkit dalam terpuruk, kaya dalam miskin dan optimis dalam kesulitan..selain menjadi ‘SANG PEMIMPI”..dan “jangan mendahului nasib” seperti kata Arai.. Salut, bener-bener salut.

  7. helga berkata:

    bang ikal udah nikaH??? siapa istrinya..??? belum ahh..!!!
    jangan nge gosip/…

  8. madame violet berkata:

    kpn neee?

  9. rafika berkata:

    kpn nih maryamah karpovnya keluar? habis udah nggak sabar banget.btw maryamah karpov bahas A Ling nggak sih. pika penasaran banget ama A Ling.

  10. weni berkata:

    ass,
    sudah ketemu blom sm A Ling,
    ya om andrea
    di Maryamah karpov ada A Ling ya.
    Om Andrea sdh nikah blom????????????
    kalo blom ama gue aja.
    he….

  11. rafika berkata:

    cepetan dong maryamah karpovnya keluar udah nggak sabar nih..
    kira2 ini cerita A ling nggak sih?????

  12. heru doank berkata:

    aduh..kebelet ne Kal..
    tanggung jawab ya kalo ntar klo aku terserang penyakit Herlina..upss..Hernia (moon maaf bagi semua yang punya nama Hernia..upss..Herlina) kayak Weh..kabar-kabarin yah..ok..cipwa..

  13. syarvia berkata:

    kapan maryamah karpov terbit? apakh setelah filmx laskar selesai? lama…. syutingnya saja baru dimulai maret kan. hiks.. tak sabar aku…

  14. lia berkata:

    andrea HIRATA TOP, Buku2 nya inspiratif banget2,.bisa jadi penyemangat…..bisa bikin nangis, bikin ketawa….. maryamah karpovnya kapan dong ????udah ga sabar nih..sukses yah buat andrea

  15. roma berkata:

    awal membacanya belum begitu tertarik, tetapi penasaran akan peristiwa selanjutnya. akhirnya keterusan ampe selesai membacanya.

    kesimpulannya keren abizzz…bener-bener menginspirasikan orang lain..cita-cita seorang anak yang miskin, secara konsisiten terus berusaha tanpa kenal lelah, yakin akan dirinya bisa menjadi lebih baik…

    wuzzzz…sering saya menhembuskan nafas panjang ketika mengingat alur ceritanya…
    satu pertanyaaan yang belum terjawab dan penasaran,
    apa kisah yang andrea tulis ini, semuanya aDALAH
    fakta

  16. indah berkata:

    sumpahh…pengen banget ketemu langsung ma anak2 laskar pelangi soalnya waktu d k andy nggak sempat liat..kalo bisa jalan2 ke makassar dong..entar dibeliin coto makassar…

  17. yhono berkata:

    tetralogi laskar pelangi..bikin aq merinding bacanya..
    apalagi kalo ingat cinta pertamanya,..hmm..bikin ngiri
    emang masih ada cowoq se setia ANDRREA??
    kalo ghitu …mw dongg..

  18. Dodo Pujakesuma berkata:

    Andrea…dari laskar pelangi sampai dnegan edensor sudah saya baca bahkan berulang kali. Tapi… mana tetralogi keempatnya, si maruama karpov. Jujur, saya penasaran abis…………….

  19. perina berkata:

    haru, senang, sesal, tangis, yang tak biasa gue alamin pas ngbaca tetralogi itu……..

    SORBONNE!!!!! TUNGGU AKU!!!!!

  20. Fauzanah berkata:

    novel keempatnya mana nich…..g sabaran lagi…
    di tunggu lho!!!!!

  21. hamidatul hasanah berkata:

    novel ke 4 nya mana neeee….
    aq pengen baca novel barux
    udah di lounching blom?
    salam buat buk mus , pak harfan dan temen2 yang laen yawh…….

  22. the-herstory berkata:

    —- > Subhanallah,bahkan mereka bisa kuliah di luar negeri yaitu di Osborn, kota impian mereka………

    kayaknya bukan Osborn, tapi Sorbonne, lebih lengkapnya Sorbonne University di Kota Paris..

    maaf, kalo dibilang soktoy. tapi bagi saya ‘Osborn kota impian mereka’ itu sudah sangat mengganggu.

    skali lagi maaaaafffffffff….. dan salam perkenalan

  23. upik berkata:

    Hampir tiap hari aq ngecek setiap toko buku yg aq dtgi kemaren pas di medan juga nanya, dibanda aceh juga apa maryamah kapov udah keluar? katanya april ampe2 smua toko aq buat booking buku ke empat….maryamah apa jd sukses setelah dagang kue dengan biolanya? benar2 penasaran….

    Bang ikal dah merid? aq benar2 larut dengan perjuangan abg, baca bukunya ampe ga tdr saking ngerasa lg ngobrl dengan abg, aq sempat ke bdg tp ga tau abg kerja di telkom yg mana ampe semua sdr blg gw gila mau nyari abg…

    tapi setelah aq baca lg semua buku abg kyknya kalopun abg bisa mencintai aq, aq hrs berpikir ulang hehehe karena cerita abg ttg aling…kyknya ampe kapanpun aling akan ada di hati abg….manalah aku sanggup menghabiskan waktu dengan abg kalo di hati abg cuman ada aling…..

    i’m really love u….

  24. ceria berkata:

    KAPAN MARYAMAH HADIRRRR???????????????

  25. gravr berkata:

    mas andrea………
    mmmmm…..
    gimana yaaa……

    novel kelima ada ngga?

  26. lisaontheblog berkata:

    memang pantas di puji. apalagi Edensor. aku merinding mbacanya!!

  27. muthoharuddin berkata:

    ken..ken..apa ti..tid..ak dar..i em..em..pat ta..ta.hun yang la..la..lu te..terbitnya, udah ah capek niru gayanya jimbron. kalo terbit 4 thn yang lalu aku yakin cintaku tidak akan jadi cinta yang sepi sperti ini..memang indah, tapi sakit tak terperi…hik..hik..kasian bnget ya..

  28. riens qhuttzz berkata:

    mas andrea hirata top abis,smangat yaw,mas udah nikah lum?a ling nya dah dpet lum?novel mas fakta bkan?

  29. Chinmi berkata:

    Iya neeh mas andre….lm banget nunggu buku ke4 nya!!!! trus masi ada ga pelajaran moral yg lain????
    (tp jgn nanya ke tukang kebun lagi deh???) puziiiing

  30. setan internet berkata:

    Jangan-jangan yang jadi Maryamah Karpov itu Nurmi, sepupu Andrea Hirata, anak Maryamah. Dia kan punya biola, bisa jadi dia itu Maryamah Karpovnya, sebab sampul buku Maryamah Karpov itu bergambarkan gadis bermain biola. Baca ada di buku Sang Pemimpi.

  31. JEE berkata:

    Mas andre cpt” kluarin yah tuh nov ke 4nya
    sumph ga sbr nungguin~~~

    pnasaran bgt sama a ling
    ketemu ga ya???

  32. moephi berkata:

    waaah ceritanya pada bikin aku penasaran dan gak sabaran
    kerrren banget
    cepetan diterbitin maryamah karpovnya dunk!!!!

  33. Meiki berkata:

    Ketiga buku Andrea Hirata keren abis..bikin gue terharu biru, merinding dan takjub sekaligus..Kalo semua itu bener2 dialami Andrea dalam hidupnya..gila dan asyik banget ya hidupnya. Btw,gue paling suka buku ke-2, bikin gue merinding dan semakin percaya bahwa Tuhan bekerja dengan cara yang sangat ajaib dan membuat segalanya indah pada waktunya. Pokoke salut deh buat Andrea!!!
    Andrea, boleh dong jadi sahabat kamu..dan kalo mo jalan2 keliling dunia lagi sebagai backpacker ajak2 gue dooonnggg… 😉

  34. Nadine berkata:

    Mas Andrea……buruan donk Maryamah Karpovnya….!!!!penasaran nich ma A Ling,,,sampe2 temenku yg namanya Alin jadi imaginasiku klo lg baca ke 3 novelnya…cuz mirip bgt tuch

  35. Kurniawan Ilham berkata:

    Andrea Hirata, mantapppppp banget dechhh……
    maryamah karpov kapan nich di realise nya…..
    cepeeeeetan donk…
    Arai…… i like your mind….

  36. KOMANG berkata:

    NOVELNYA KEREN ABIS BIKIN SAYA TERHARU KARENA NASIBNYA SIIKAL HAMPIRSAMA DENGAN SAYA

  37. kriz berkata:

    gila,,keren abiz….gw da baca ketiga buku andrea,,,si ika,laskar pelangi yang pnuh dgan ank” yang pnter”,trutma lintang yang sangat amat jenius,,langit ke tujuh,,truz samg pimimpi si arai,,,”bermimpilah karna tuhan akan memeluk mimpi”mu “…edensor jga…gmna si rasa y keliling dunia cma jd ikin duyung???klu mw jdi backpacker lgi…ajak..gw y….
    bwt andrea,,,sang dewa kata”….
    o,,ya..gw jga brhrp bzw ktmu mu LINTANG….

  38. Dicky berkata:

    menurut keterangan bang Andre di http://sastrabelitong.multiply.com maryamah karpov DIRENCANAKAN TERBIT pada kisaran bulan September 2008 demikian informasi yang aq dapat…… jadi pingin cepet-cepet baca. salam kenal semua….

  39. awank*pjuang berkata:

    kalo smua yg dituLis mas iKal adaLah faKta,,
    baru kaLi ini aku aKan kagum ama seOrang lelaki stelaH RasuLuLLahku, MuhhaMmad SAW, dan ayaAhku..
    tapi meskiPun itu gak smUanya fakTa, si Andrea adAlah noVelis yg hebat..
    salUt bwd dia..

  40. Mee.. berkata:

    Bca noveL ini emang bz bkin nangis n ketawa bareng2..
    Ak penasaran sama nasib Lintang???
    Trus, apaKah A Ling sebenernya ada di kota Edensor???

  41. SAHAYA PERLAYA berkata:

    mas andrea
    novelmu mengnginspirasikan setiap kata kata dalam karya sastra ku

    trus kapan MaryamahKarpov keluar?

  42. Ian's berkata:

    gmn nee,, kpn keluarna maryamah karpov??
    kr” A Ling masih inget Ikaal g ya?
    pnasaran ne ku,,,

  43. try berkata:

    mas….andrea,aq takjub ma mas bisa buat yg gak mungkin jadi mungkin,ini adalah jauh dari yg kubayangkan teryata kalao ada keyakinan dan juga kemauan semuanya bisa di raih,ku ucapkan se kali lagi hebat mas…… Mas kalao gak keberatan mas bisa gak kirim foto mas ma mas sampai kramat,atau paling tidak fotonya mas yang masih sekilah agar bisa buat aq tambah semangat belajarku agar bisa seperti mas………….!

  44. fido berkata:

    maryamah karpof adalah a ling yang udah masuk islam kayak si a kiong yang masuk islam trus ganti nama…….

  45. fido berkata:

    mas andrea kapan sih maryamah karpov di rilis………….

  46. welfi AF berkata:

    penasaran ma cerita2nya.. pa semua yang ditulus tu bener? terus pas ikal nemuin edensor, nyata atau hanya pemanis cerita? kalo emang ntu nyata, bener2 kebetulan yang dahsyaTTT!!! saluuuuttt..

  47. welfi AF berkata:

    eh trus nyambung lagi!! ko bisa seeehh ikal ma arai sama2 hebat? pengen de punya sepupu kayak gituuuuu. baca laskar pelangi sampe nangis gara2 keculunan n kelucuan ikal kecil cs, trus baca sang pemimpi bener2 ngedapetin motivasi hidup, baca edensor…. what a great LOVE!! emang ada ya yang kayak gitu di dunia fana ini?? eleh. btw maryamah karpov kapan doonk? trus ceritanya tentang apa?

  48. Kauzar berkata:

    Buku yang unik K’… … sy juga lagi iseng-iseng nulis cerpen yang berbau tentang KEBENARAN ISLAM, yang selama ini orang hanya bisa menafsirkan tapi tidak memastikan ISLAM itu sebenarnya…. Insya allah ntar klo jadi K’ andrea sy harap menjadi org yang pertama ngebaca n memberi tanggapannya… harapku.. Thank’s Before ^_^

  49. dita berkata:

    aRay nasiB’n Gmn ya????
    dMaryamah Karpov….
    n Capa c MRyamah Karpov Tu…
    couLd anybody telling Me???

  50. ilman pranata berkata:

    kapan ya ,bang ikal backpacking lagiiiiii”””,,,,,,boleh ikut ngga’ ??? serius nich. salut……….

  51. AA_JOEND berkata:

    Saye paling gak suke bace, pertama kali liat acara K’Andy di Metro TV saya jadi penasaran dan pengen tau tentang LASKAR PELANGI.
    Heeeeeebat…. sekarang saye jadi suke bace…
    Ikal ikal ……..
    Keriting rambutmu bawa berkah buat orang-orang melayu belitong
    Mudah2an bise nular ke kame’ 2 melayu pontianak
    Kalau A Ling punye adik cewek buat saye jak ye, hehe
    Trus maju Kal……

  52. Rfan berkata:

    Tdk bisa membayangkan bagaimana sebuah buku begitu menginspirasi hidup sy, padahal sy tak gemar baca. Ulasan di sebuah harian kota ttg film LK mengusik penasaran saya untuk hunting bukunya. wow mereka bertiga akan selalu menjadi inspirator dalam hidup sy sampe kapanpun. Lintang, Arai dan Ikal.
    Indahnya perjuangan hidup, semua berawal dari hati …
    Awesome.

  53. icha cute berkata:

    kapan neeeh maryamah karpov keluar? ud g sabar pengen baca lagi.apa bk itu ttg anak cik maryamah ya?jd penasaran……novel2 yg menginspirasi smua org g terkecuali saya. kdng sedih,kdg ketawa,plus hal2 lain yg sllu bkin surprise.. unbelieveable but it is.

  54. miranda berkata:

    akhir juni saya ke gramedia masih dengan pertanyaan yang sama sejak akhir tahun lalu, “maryamah karpov kapan keluar”
    Koleksi LK 1 sampai 3 saya kasih ke paman saya, seorang guru di Kepulauan Aru, pulau – pulau terluar di Provinsi Maluku yang terpencil, paman saya pernah menjadi kepala sekolah sekolah dasar merangkap guru kelas 1 – 6 merangkap penjaga sekolah, karena beliau satu – satunya pengajar di salah satu pulau disana, sebagai inspirasi bagi murid – muridnya, bahwa keterpencilan bukan alasan untuk tidak memiliki impian.. two thumbs for Mr. Hirata

  55. darmandrea berkata:

    lintang sekarang dimana mas? saya mau les privat ama mas lintang……

  56. darmandrea berkata:

    2x mas, di laskar pelangi, arai kok ga pernah diceritain mas?

  57. shiel_via berkata:

    wooooooooooow,,,, gla,,, dlu aku malez banget mo bca laskar pelangi… tpi gra2 aku bacanya dluan sang pemimpi jdi pnasaran deh ma laskar pelangi….. biiiizzzz tu bru bca edensor…. duuuh aku kgum bget deh ma krya2 ,mas andrea…. tpi,….

    maryamah karpov nya kapan beredar???????????
    penasaran banget nih lanjutannya………..
    ow ya ntar klo maryamah karpov nya dah b’edar kbarin ya ke e-mail aku
    tin q

  58. setan internet berkata:

    Sepertinya Maryamah Karpov baru terbit setelah film Laskar Pelanginya beredar. Itu memang sudah kesepakatan antara Andrea Hirata dengan pihak PH yang memfilmkan karya Andrea. Bisa jadi juga terbit tahun depan. Soalnya ada bagian di film itu yang menyangkut isi di Maryamah Karpov.

  59. lia berkata:

    gw ngefans bgt ma lo kal…oya pa kbr ma arai?da sembuh pa blom,?

  60. Dadang berkata:

    Laskar pelangi, sang pemimpi, edensor sudah saya baca… tinggal menunggu maryamah karpov

    Ingat mas andrea///// saya jadi ingat masa kecil saya dikampung sekolah tsanawiyah dengan murid hanya delapan orang/////subhanallah….. kekuatan doa adalah yang paling utama…..

  61. ira berkata:

    keren!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ga tau lagi deh, harus muji pake apa lagi..
    ngingetin kalo aq tuh amat sangat beruntung,
    selalu bikin aq bersyukur atas semua yg aq punya,
    kalo pendidikan itu hmpr mustahil bagi sebagian org, tapi tetap ga mustahil..

    mau maryamah karpov!!!

  62. sungguh novel yang apik. novel laskar pelangi dapat menjadi inspirasi bagi semua orang untuk terus mengejar mimpi-mimpinya. jangan sampai menyerah dalam berjuang karena menyerah hanya milik orang-orang PECUNDANG

  63. Oki Kajuya Novandi berkata:

    saya sangat salut kepada kak Andrea Hirata, beliau bisa berjuang dengan keras demi cita-citanya, meski beliau sedang dilanda masalah yang berat dan keterbatasan. tapi pada akhirnya beliau bisa kuliah di luar negeri. sejak itulah saya mulai terinpirasi dengan masa depan saya, bisakah saya menjadi seperti kak Andrea Hirata?

    dan yang paling saya tunggu-tunggu adalah buku keempat dari tetralogy laskar pelangi yaitu Maryamah Karpov. karena saya penasaran dengan lanjutan ceritanya, bagaimanakah nasib kak Andrea Hirata dan Arai diakhir cerita. tapi saya harapkan kak Andrea Hirata bisa membuat buku yang lebih banyak lagi,

  64. rantia berkata:

    Andrea Hirata????? Keren abizzz mana nih Maryamah Karpov-nya cepetaaaaaan dwonk….AH ak kagum bgt sama kamu

  65. novia berkata:

    bang Andrea,,tampilin foto anak-anak laskar pelangi di web doonk…

  66. Iqbal berkata:

    Gw pikir, Maryamah Karpov itu pasti si A Ling. Bener gak?

  67. jejen berkata:

    aduuuuuuuuh………..
    andrea hirata pinter bgt c buat tetralogi ney, berkesan bgt ceritanya
    two thumb ato lebih dey bwt andrea
    Aq ngefans bgt ma karyanya ney,,,,,
    moga z maryamah karpovnya ney bisa mengobati rasa penasaran dari para pecintanya
    slm kenal y kk andrea……

  68. GERRY berkata:

    BUKU INI TERLALU BAGUS UNTUK DIBACA ANAK INDONESIA. ALANGKAH BAIKNYA JANGAN SEKEDAR MENJADI BESTSELLER NASIONAL TETAPI BESTSELLER ASIA ,PRANCIS ,EROPA KALAU PERLU MIMPI JADI BESTSELLER DUNIA. POKOKNYA SAYA DUKUNG DEH!

  69. A Ling berkata:

    gara2 andrea aq jd kecapekan jalan kaki 1 km buat
    cari warnet, padahal lg bulan puasa. cape deh…
    kapan neh maryamah karpovnya keluar?

  70. ryda jalov berkata:

    GREAT!!!! mulai dari tetralogi pertama sampai ketiga, edensor, telah mampu memberiku pengalaman tanpa aku mengalaminya. menghipnotis sang pembaca. tidak hanya memberikan hiburan tapi juga pelajaran. tetralogi terakhir kapan keluar???? udah gak sabar nie…….. kak ikal, salam perdamaian dari ku, jalov, pecinta melati….

  71. Masashi Onakawa berkata:

    Huh keren bener novelnya, sampai terharu nih!
    Ngomong-ngomong kapan ya novel maryamah karpov terbit?

  72. Refiliana Nurulfa berkata:

    Aku paling gemar baca buku novel. Pertama kali aku baca laskar pelangi, bagiku itu biasa-biasa saja. Aku kira tidak seru. Tapi, ketika aku baca sampai terakhir, ternyata serubanget! Banyak pengalaman yang menarik bagiku. Wah masih banyak yang menarik lainnya.

  73. nengt tini berkata:

    3 buku sebelumnya saya baca hanya dlaam waktu sehari, kalo maryamah karpov 600 halaman bisa selesai dalam sehari ga ya……………..

  74. ainsana berkata:

    tahukah engkau kawan,……dikelasku ada satu gambar yg begitu ……memandang langit seakan turun berjuta keping emas, berjanggot dengan mata nanar hanya untuk menutupi bolong dikelasku…..

  75. AA_JOEND berkata:

    Maryamah Karpovnya mannnna…. kalau gak kluar2 bise2 kena penyakit gile nomor 45 nih “virus Demam antu Pontianak”

  76. Naufal berkata:

    maryamah karpov keluarnya kapan?

  77. yAnie n' tanTi' MaE berkata:

    baguss lah.:)
    yg pntingz mah kerenzz
    klo maryamah karpov mo di filmkan ajak kita yah.. sebagai pemeran utama

  78. septi berkata:

    maryamah karpov.,.,kpn niy terbit’y?????????
    dah ga sbar.,.,.biz lma bnged mpe lumutan niy nunggu’y????
    bang ikal klo mw jln2 kli2ng dnia ajak2 dunkzz

  79. Hilda afyfy berkata:

    subhanalah
    andrea memang sastrawan sangat berbakat
    dengan karyanya, membuat qt sadar btapa berharganya pendidikan dan seperti apa perjuangan yang perlu di perjuangkan

  80. Hilda afyfy berkata:

    ohy maryamah karpovnya sbnarnya da kelar lom cccccc

  81. dHee.boNek berkata:

    maRyamaH kaRpoV Lom aDa juGa yaHh?!????

    gw peNasaRan ma naSibnYa Lintang….
    pa kaBar yaHh???

  82. DangdutHOlic berkata:

    gambar dpan maryamah karpov tu klo w pikir bukan si A Ling, tapi anak kecil yang suka maen biola yang tadinya mau dikasiin k ibunya kang Andrea buat barter ma beras,,, bner gak nih kang?
    kapan mau terbit ntu buku k ?
    gmn kabar Arai?
    bang Andre, ada rencana bikin TetraLogi lagi gak nih?
    kami para penggemar Anda menunggu karya2 Anda nih,,,sukses ya!

  83. casiopea berkata:

    Issue dari Daku…..Ayo ditebak, siapakah tokoh Maryamah Karpov ???

  84. Blueprince berkata:

    Waw..kisah cinta Kak Andrea dgn A Ling Mirip Dgn Saya..

    Add aku di Fs: blueprince_harry@yahoo.com

  85. Jazili berkata:

    Maryamah karpov positif hadir november ini…, muantap lah…

    http://www.jazili.com/2008/10/tetralogy-laskar-pelangi-maryamah.html

    :).

  86. m. ridwan berkata:

    cpetan dong terbitkan buku maryamah karpov lama banget sich? khan udah kaga sabar

  87. Brian Fadli F berkata:

    Mas Hirata,,, Semangat terus nyari mbak A Ling yawh… Eh, Emg A Kiong gak tau ya dmana keberadaan sepupu manis nya itu????

  88. nini zulka berkata:

    A LING DAH KTEMU PHA LOM? LAW KTEMU JD CLBK DUNKZ!

  89. Frida&ahmad berkata:

    halo andrea pa kbr..??muda2an baek az..ya!!
    aku ber 2 mau nanya nich..?
    tentang arai apakah dia bisa nyelesaiin studinya di paris..?
    trus arai skarang ge mana kbr n nasibnya..!!

    buat om andrea hirata aku sangat kagum akan perjuangan om di waktu kecil,n tentang keberanian akan mimpi-mimpi!!

  90. shika berkata:

    novel2x keren bgt
    terus yaw maz ndre , , , , , ,
    bikin pendobrakan sastra , , , , ,, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s