Manfaat Tanaman Krisan


Kegunaan tanaman krisan yang utama adalah sebagai bunga hias.Sebagai bunga hias, krisan di Indonesia digunakan sebagai:

ü Bunga pot Ditandai dengan sosok tanaman kecil, tingginya 20-40 cm, berbunga lebat dan cocok ditanam di pot, polibag atau wadah lainnya. Contoh krisan mini (diameter bunga kecil) ini adalah varietas Lilac Cindy (bunga warna ping keungu-unguan), Pearl Cindy (putih kemerah-merahan), White Cindy (putih dengan tengahnya putih kehijau-hijauan), Applause (kuning cerah), Yellow Mandalay (semuanya dari Belanda).Krisan introduksi berbunga besar banyak ditanam sebagai bunga pot, terdapat 12 varitas krisan pot di Indonesia, yang terbanyak ditanam adalah varietas Delano (ungu), Rage (merah) dan Time (kuning).

ü Bunga potong Ditandai dengan sosok bunga berukuran pendek sampai tinggi, mempunyai tangkai bunga panjang, ukuran bervariasi (kecil, menengah dan besar), umumnya ditanam di lapangan dan hasilnya dapat digunakan sebagai bunga potong. Contoh bunga potong amat banyak antara lain Inga, Improved funshine, Brides, Green peas, Great verhagen, Puma, Reagen, Cheetah, Klondike dll.

SELAIN mempercantik ruangan dan halaman sebagai tanaman hias, bunga krisan juga bermanfaat bagi kesehatan.Bunga krisan yang telah dikeringkan, berkhasiat menyembuhkan panas dalam dan menyerap racun dalam tubuh. Selain itu juga tersedia obat-obatan berbahan baku bunga krisan.Beragam kemasan dan merek ditawarkan pada konsumen yang membutuhkan, salah satunya teh chrysanthemum seharga Rp 7.500 per pak isi 10 sachet. Ada juga teh krisan yang telah diracik dengan madu, dan buah Louhanguo. Sementara bunga krisan yang telah dikeringkan dan siap seduh dijual seharga Rp 5.000 per 40 gram.Manfaat yang terkandung dalam teh kemasan seduh itu efektif dan sesuai untuk anak muda dan orang tua dalam segala kondisi. Teh ini menyegarkan tenggorokan, memperindah bentuk tubuh, memulihkan kesehatan, dan baik untuk menjaga kesehatan mata. Ahli tanaman obat Prof dr Azwar Agoes mengatakan, untuk tumbuhan sejenis bunga krisan biasanya mengandung zat antioksidan yang mampu menyerap racun dalam tubuh. Meskipun belum populer penggunaannya sebagai obat-obatan, bunga krisan juga dapat melancarkan peredaran darah.

sumber :krisanqu.tripod.com/manfaat_tanaman.htm

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s